Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan ZacCkcharotz - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Ayam ehh, dunia maya maksudnya, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang ZACKCHAROTZ

Nama lengkap saya Jaka Prananta Gemilang, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...


Blogger news

[X]close
PASANG BUKU TAMU SOBAT DISINI

Kamis, 20 Oktober 2011

KARAKTER MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL




Selain sebagai makhluk individu, manusia juga ditakdirkan hidupberdampingan dengan alam semesta khususnya manusia, inilah yangkemudian manusia disebut sebagai makhluk sosial, yang selalu menuntutuntuk saling –secara timbal balik- mengatur dan menjaga sosialitasnyadengan sikap yang indah dalam prilaku teladan yang baik. Dan sebenarnyaagama-pun juga sudah mengajarkan bagaimana menjaga hubungan baiktersebut..Kemudian, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku teladan sendiribegitu banyak. Akan tetapi dari semua itu yang paling dominan adalahpengalaman pribadi, orang yang dianggap penting, lembaga pendidikan danagama, kebudayaan. Lebih jelasnya akan dibahas sebagai berikut:a. Pengalaman PribadiSegala hal yang pernah dialami dan sedang dialami akanmembekas dalam diri seseorang, apalagi melibatkan faktor emosionalyang mendalam. Pengalaman itu akan sangat kuat membekas danmemberi kesan dalam diri seseorang. Pengalaman seperti itu akanberperan besar menjadi dasar pembentukan sikap dan perilaku. Sikap danperilaku akan lebih mudah terbentuk apabila pengalaman pribadi tersebutterjadi dalam situasi yang melibatkan faktor emosional.b. Orang Yang Dianggap PentingKomponen sosial yang ikut mempengaruhi sikap dan perilakuseseorang adalah orang yang dianggap penting yang berada di sekitar kita.Orang yang dianggap penting ini adalah orang yang diharapkanpersetujuannya bagi tingkah laku dan pendapat kita yang tidak ingin kitakecewakan, atau orang yang dihormati, berwibawa atau ditakuti. Atauyang memiliki arti khusus bagi seseorang. Orang-orang seperti itu akanbanyak mempengaruhi sikap dan perilaku.
c. Lembaga Pendidikan dan AgamaLembaga pendidikan dan agama menjadi salah satu kekuatan besardalam membentuk sikap dan perilaku. Dua lembaga ini merupakan tempatditanam dan dikembangkannya nilai- nilai etik, moral dan spiritual. Dilembaga pendidikan juga ditanamkan nilai-nilai keilmuan dan disiplinindividu dan sosial.d. KebudayaanSetiap lingkungan masyarakat mempunyai nilai budaya tertentuyang dianutnya. Manusia lahir, hidup dan bertumbuh dalam satu atau lebihnilai budaya. Nilai budaya di mana manusia hidup dan bertumbuhmempunyai pengaruh pada sikap dan perilakunya.Dilihat dari reinforcement, sikap dan perilaku tertentu yangmendapat atau tidak mendapat penguatan atau ganjaran dari masyarakat,akan membawa pengaruh sikap dan perilaku anggota masyarakatnya.Karena itu, budaya yang dianut atau yang ada dalam lingkungan seseorangakan memberi corak dan warna sikap dan perilakunya. Kecuali orang itumemiliki konsep diri yang tertentu yang mapan dan kuat, sehingga tidakmudah terpengaruh oleh budaya sekitarnya.Dari sini, bahkan sebuah budaya dapat menjadi sebuah hukumtersendiri diluar hukum formal lainnya, meskipun tidak terdokumentasiadanya. Bahkan dalam Kaidah Fiqh terdapat sebuah kaidah “al-‘Adah54Muhakkamah”, bahwa kebudayaan dan kebiasaan juga merupakan sebuahpatokan hukum tersendiri


Telah berabad-abad konsep manusia sebagai makhluk sosial itu ada yang menitik beratkan pada pengaruh masyarakat yang berkuasa kepada individu. Dimana memiliki unsur-unsur keharusan biologis, yang terdiri dari:

1.   Dorongan untuk makan
2.   Dorongan untuk mempertahankan diri
3.   Dorongan untuk melangsungkan jenis

Dari tahapan diatas menggambarkan bagaimana individu dalam perkembangannya sebagai seorang makhluk sosial dimana antar individu merupakan satu komponen yang saling ketergantungan dan membutuhkan. Sehingga komunikasi antar masyarakat ditentukan oleh peran oleh manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam perkembangannya manusia juga mempunyai kecenderungan sosial untuk meniru dalam arti membentuk diri dengan melihat kehidupan masyarakat yang terdiri dari :

1.   penerimaan bentuk-bentuk kebudayaan, dimana manusia menerima bentuk-bentuk pembaharuan yang berasal dari luar sehingga dalam diri manusia terbentuk sebuah pengetahuan.
2.   penghematan tenaga dimana ini adalah merupakan tindakan meniru untuk tidak terlalu menggunakan banyak tenaga dari manusia sehingga kinerja mnausia dalam masyarakat bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Pada umumnya hasrat meniru itu kita lihat paling jelas di dalam ikatan kelompok tetapi juga terjadi didalam kehidupan masyarakat secara luas. Dari gambaran diatas jelas bagaimana manusia itu sendiri membutuhkan sebuah interaksi atau komunikasi untuk membentuk dirinya sendiri malalui proses meniru. Sehingga secara jelas bahwa manusia itu sendiri punya konsep sebagai makhluk sosial.

Yang menjadi ciri manusia dapat dikatakan sebagai makhluk sosial adalah adanya suatu bentuk interaksi sosial didalam hubugannya dengan makhluk sosial lainnya yang dimaksud adalah dengan manusia satu dengan manusia yang lainnya. Secara garis besar faktor-faktor personal yang mempengaruhi interaksi manusia terdiri dari tiga hal yakni :

J Tekanan emosional. Ini sangat mempengaruhi bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain.

J Harga diri yang rendah. Ketika kondisi seseorang berada dalam kondisi manusia yang direndahkan maka akan memiliki hasrat yang tinggi untuk berhubungan dengan orang lain karena kondisi tersebut dimana orang yang direndahkan membutuhkan kasih saying orang lain atau dukungan moral untuk membentuk kondisi seperti semula.

J Isolasi sosial. Orang yang terisolasi harus melakukan interaksi dengan orang yang sepaham atau sepemikiran agar terbentuk sebuah interaksi yangharmonis.


2 komentar: