Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan ZacCkcharotz - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Ayam ehh, dunia maya maksudnya, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang ZACKCHAROTZ

Nama lengkap saya Jaka Prananta Gemilang, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...


Blogger news

[X]close
PASANG BUKU TAMU SOBAT DISINI

Kamis, 26 Januari 2012

PERTUMBUHAN PENDUDUK

Pertumbuhan penduduk ialah perubahan populas suatu negarai sewaktu-waktu, pertumbuhan penduduk dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.

Pertumbuhan penduduk di Indonesia selalu menjadi permasalahan paling mendasar dalam Kemiskinan, lowongan kerja, tingkat kriminal dan pemenuhan pangan. Apabila pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak terkontrol, Indonesia akan menghadapi masalah yang serius, contohnya di Indonesia akan lebih banyak pengangguran, rakyat miskin, dan rakyat kelaparan, hal ini tentu akan memicu tinggi nya tingkat kriminal di indonesia.

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional memprediksi jumlah penduduk Indonesia berpotensi menjadi yang terbesar sedunia setelah China dan India jika laju pertumbuhannya tak bisa ditekan secara signifikan. "Dalam waktu kurang dari 50 tahun lagi jumlah penduduk kita akan meningkat dua kali lipat atau sekitar 475 hingga 500 juta jiwa," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief di Jakarta, Senin (21/2/2011).

Sugiri menjelaskan, jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia akhir-akhir ini berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010 melebihi angka proyeksi nasional yaitu sebesar 237,6 juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49 per tahun. "Secara kuantitas jumlah dan pertumbuhan penduduk di Indonesia masih cukup tinggi, bahkan terbesar keempat sedunia, namun secara kualitas masih tergolong rendah yakni berada pada posisi ke 108 dari 188 negara," katanya.Ia menambahkan, pertumbuhan penduduk yang pesat merupakan akibat dari fertilitas yang tinggi akan menjadi sumber kemiskinan dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Dampak dari kondisi ini akan meningkatkan beban pemerintah baik pusat maupun daerah, utamanya dalam penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk seperti pangan, kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, transportasi, energi dan lain sebagainya," katanya.Untuk itu diperlukan langkah konkrit guna menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk.

"Caranya melalui penyerasian kebijakan dengan program pembangunan di segala bidang, baik aspek kuantitas, kualitas dan pengarahan mobilitas serta persebaran penduduk sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung di setiap wilayah," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar