Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Coretan ZacCkcharotz - saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda sering datang kembali. Silakan Berlama - Lama di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel dunia Ayam ehh, dunia maya maksudnya, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik

Sekilas Tentang ZACKCHAROTZ

Nama lengkap saya Jaka Prananta Gemilang, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...


Blogger news

[X]close
PASANG BUKU TAMU SOBAT DISINI

Senin, 06 Februari 2012

Algoritma

Algoritma adalah jantung ilmu komputer dan ilmu informatika. banyak cabang dari ilmu komputer yang diacu dalam terminology algoritma. Algoritma berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung.


kata algorism di perkenalkan oleh ahli matematika yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. seorang ahli matematika, astronomi, dan geografi yang berasal dari persia. lahir sekitar tahun 780 di khwarimz (sekarang khiva,Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di baghdad. hampir sepanjang hidupnya.ia bekerja sebagai dosen di sekolah kehormatan di baghdad.


buku pertamanya adalah al-jabar, yaitu membahas solusi sisematik dari linier dan notasi kuadrat. sehingga beliau di sebut sebagai bapak al-jabar.


Definisi Algoritma


masalah --> algoritma --> program komputer --> solusi


sebuah Algoritma merupakan deskripsi langkah-langkah pelasksanaan suatu proses.sebuah proses dikerjakan oleh pemproses berdasarkan algoritma yang di berikan.


setiap langkah penyelesaiannya dinyatakan dengan sebuah pernyataan (statement)sebuah pernyataan menggambarkan aksi (action) algoritmik yang di eksekusi, bila suatu aksi di eksekusi, maka sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses.



jika dilihat dalam bentuk tertulis, algoritma dapat berupa narasi yang disusun menjadi kalimat, dapat juga disusun dalam bentuk-bentuk gambar atau bagan atau tabel.


Algoritma dapat dikatakan sebagai langkah-langkah yang yang diambil dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Dalam matakuliah Algoritma pemrograman atau logika algoritma yang menyelesaikan pekerjaan adalah komputer. tugas dari manusia adalah memberikan perintah kepada komputer, langkah demi langkah yang akan dilaksanakan oleh komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan satu langkah, dua langkah, tiga langkan atau banyak langkah yang secara logis agar dapat terselesaikan dengan benar.


Ada beberapa pakar yang menyatakan atau mendefinisikan tentang algoritma yang intinya sebenarnya sama, antara lain :


cormet, Thomas H, Leiserson, Charles E, Rivest, Roland Lpada buku algorithms. England MIT pres 1994 mengatakan bahwa algoritma dikatakan benar, untuk beragam input jika algoritma tersebut berakhir dengan output yang benar.


Horowitz, Eliis dan Sahni, Surtaj dalam buku fundamental of data structures,Computer science press,Inc. Rocville, Maryland 1983. Menyatakan bahwa algoritma adalah sekumpulan intruksi yang jumlahnya terbatas, yang apabila dijalankan akan menyelesaikan suatu tugas tertentu. Algoritma tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • ada atau tidak ada data yang dimasukkan dari luar.
  • paling sedikit ada sebuah keluaran dan output.
  • setiap instruksi memiliki maksud yang jelas dan hanya memiliki suatu arti.
  • Algoritma dikatak baik secara keseluruhan maupun sub algoritma bila ditelusuri memiliki titik berhenti.
  • setiap instruksi selain jelas juga dapat dilaksanakan, efektif dan menghasilkan sesuatu.
knurth Donald E dalam buku The Art Of Computer Programming.Addison - wesley Published Company 1973.Menyatakan bahwa terdapat lima ciri penting yang harus dimiliki sebuah algoritma, yaitu:

  • Finitenes, yaitu menyatakan bahwa suatu algoritma harus berakhir untuk semua kondisi setelah memproses suatu perintah dalam sejumlah langkah.
  • Definitenes yaitu setiap langkah harus dinyatakan secara jelas dan hanya memiliki satu arti(tidak mendua arti)
  • masukan atau input yaitu set iap algoritma harus memiliki output, baik hanya satu output atau banyak output. Output yang dimaksud dalam hal ini adalah besaran yang memiliki hubungan dengan input.
  • Efektifitas yaitu semua operasi yang dilaksanakan oleh algoritma harus sederhana dandapt dikerjakan dalam waktu yang terbatas.
jika disimpulkan maka terdapat beberapa pengertian algoritma yang dapat disederhanakan, yaitu :

  • Urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
  • Deretan langkah-langkah komputasi yang mentransformasikan data masukan menjadi keluaran
  • Deretan insruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
  • prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut dengan keluaran.


Struktur Dasar Algoritma

Terdapap tiga komponen pokok statement atau instruksi dalam algoritma,antara lain:

  1. Assignment statement.
  2. I/O statement.
  3. Control statement.
  4. Call statement.*
  5. Return statement.*
*) tambahan


Algoritma merupakan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. langkah- langkah yang dimaksud yaitu runtunan aksi (squence), pemilihan aksi(selection), dan pengulangan aksi yaitu (loop). 

*maaf  jika ada salah pengetikan :)


    0 komentar:

    Posting Komentar